Tanggung Jawab Sosial

Tanggung Jawab Sosial

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT DENGAN LINGKUNGAN HIDUP

Dalam upaya berpartisipasi pada pelestarian alam dan lingkungan hidup, Bank memiliki kebijakan dan program yang relevan antara lain dengan efisiensi pada beberapa bidang, seperti penggunaan kertas, penggunaan energi, dan penggunaan alat komunikasi yang dilakukan disepanjang tahun 2016. Salah satu contoh dari efisiensi yang di terapkan di bidang komunikasi, yaitu dengan penggunaan Over Internet Protocol (VOIP) dengan harapan agar lebih efisien dalam bidang komunikasi dan mengurangi pemasangan alat komunikasi yang di anggap kurang ramah lingkungan.

 

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT DENGAN KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

KETENAGAKERJAAN

Bank memiliki komitmen yang tinggi terkait dengan ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja. Bank berupaya dalam mematuhi semua peraturan perundangundangan di bidang ketenagakerjaan. Uraian tentang CSR terkait ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja selama tahun 2016, yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Kesetaraan Gender dan Kesempatan kerja
  2. Kesetaraan dalam Program Pendidikan dan Pelatihan
  3. Hubungan Industrial
  4. Remunerasi Karyawan
  5. Program Pensiun
  6. Tingkat Perpindahan (Turnover) Karyawan

KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Bank Victoria telah menyediakan layanan kesehatan bagi karyawan beserta keluarga inti yang menjadi tanggungannya yang diharapkan berdampak pada perbaikan produktivitas bank. Jaminan kesehatan yang diterima seluruh karyawan berupa asuransi kesehatan untuk istri dan anak berupa pemeriksaan dan perawatan di rumah sakit baik untuk rawat inap, rawat jalan, dan perawatan gigi.

Sepanjang tahun 2016 Bank telah mengeluarkan biaya pelaksanaan kegiatan asuransi inhealth bagi karyawan tetap Bank sebesar Rp3.968.917.092, sedangkan untuk karyawan kontrak, Bank Victoria telah membayarkan premi asuransi kepada BPJS Kesehatan sebesar Rp465.624.000.

 

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT DENGAN PENGEMBANGAN SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Bank terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tumbuh bersama masyarakat dengan menerapkan standar bisnis yang bertanggung jawab secara social melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan. Selama tahun 2016, kegiatan CSR terkait dengan sosial dan kemasyarakatan Bank Victoria meliputi kegiatan sebagai berikut:

  1. Pembagian beras dalam rangka Hari Raya Idul Fitri kepada Cabang Bandung dan Manado
  2. Pembagian beras dalam rangka Hari Raya Idul Fitri kepada Karyawan dan Group
  3. Santunan kepada Yayasan Panti Asuhan; Yayasan Khaerul Amal, Assafaat dan Keluarga Alm. Sigit Sukoco, Sutiardi, dan Solihin
  4. Pemberian beasiswa pendidikan kepada anak Almarhum Sigit Sukoco (Karyawan Bank Victoria)
  5. Pemberian beasiswa pendidikan kepada anak Almarhum Sutiardi (Karyawan Bank Victoria)
  6. Kegiatan Donor Darah BVIC dan PMI
  7. Pemberian beasiswa pendidikan melalui Yayasan Kuark
  8. Donasi kepada Yayasan Tuna Netra Elsafan – Duren Sawit Jakarta

 

PROGRAM LITERASI KEUANGAN

Sesuai dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai program cetak biru strategi nasional literasi keuangan Indonesia serta Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.76/POJK.07/2016 peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen dan/atau masyarakat. Salah satu upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman terhadap lembaga, produk dan layanan jasa keuangan dengan adanya pelaksanaan edukasi keuangan terhadap masyarakat. Bank Victoria telah menjalankan sejumlah program financial literacy maupun edukasi keuangan dari tahun 2014-2016.

Salah satu program literasi tersebut adalah meneruskan program Ayo ke Bank untuk pelajar SD telah direalisasikan dengan kunjungan ke 5 (lima) Sekolah Dasar yang terletak di Jakarta dan Bekasi,

Melalui kegiatan bantuan terkait pengembangan sosial dan kemasyarakatan di lingkungan sekitar wilayah operasionalnya, Victoria berharap kehidupan masyarakat sekitar dapat terbantu khususnya bagi siswa/siswi penerima beasiswa sehingga dapat membantu menyelesaikan pendidikan sekaligus memberikan motivasi kepada mereka. Dengan program literasi keuangan Bank Victoria International Tbk, wawasan masyarakat, khususnya tentang layanan perbankan serta produk perbankan menjadi lebih luas dan mendalam.

 

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT DENGAN TANGGUNG JAWAB PRODUK DAN NASABAH

 

Kebijakan CSR terkait dengan tanggung jawab produk dan nasabah sesuai visi Bank Victoria “menjadi pilihan nasabah yang terpercaya, sehat dan efisien,” sehingga senantiasa menjadi Bank yang dipercaya serta menjadi pilihan nasabah dalam memenuhi kebutuhan nasabah dalam mendapatkan produk dan layanan perbankan. Bank Victoria memiliki kebijakan untuk mewujudkan pemberdayaan dan perlindungan konsumen jasa perbankan melalui penetapan standar penyusunan mekanisme pengaduan nasabah, pendirian lembaga mediasi independen, peningkatan transparansi informasi produk perbankan.

Selama tahun 2016, beberapa program CSR terkait Konsumen yang dilakukan oleh Bank adalah sebagai berikut:

  • Program peningkatan kualitas layanan
  • Kerahasiaan nasabah
  • Program Engagement Nasabah
  • Jaminan Perlindungan Simpanan Nasabah
  • Pusat Pengaduan nasabah (Customer Care)
  • Mekanisme Penyelesaian Keluhan

 

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT DENGAN TANGGUNG JAWAB KEPADA PEMASOK

 

Bank Victoria senantiasa melakukan seleksi dan peningkatan kemampuan pemasok atau vendor serta meningkatkan transparansi seluruh proses pengadaan dengan mencatat seluruh aktivitas pengadaan dalam suatu sistem. Proses pengadaan barang dan jasa dilakukan secara adil transparan dengan dimulai dari perencanaan, permintaan pengadaan barang dan atau jasa, pengumuman, proses lelang, hingga pengumuman pemenang. Seluruh kegiatan pengadaan barang dan/atau jasa dilakukan berdasarkan ketentuan pedoman sistem procurement.

Copyright 2016 © Bank Victoria Internasional, Tbk.
Registered and Supervised :