Tanggung Jawab Sosial

Tanggung Jawab Sosial

Bank Victoria menyadari bahwa Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) merupakan hal penting dalam mendukung tumbuh kembangnya Bank. Bank Victoria menempatkan CSR sebagai bagian dari program jangka panjang Bank. Bank dalam upaya mencapai sustainable business senantiasa berusaha memberikan kinerja yang optimal untuk para pemegang saham namun juga memikirkan bagaimana memberikan kontribusi secara maksimal dalam aspek sosial dan lingkungan.

Bank secara konsisten melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud kepedulian Bank Victoria sekaligus apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan atas proses bisnis perbankan. Keberlangsungan bisnis Bank tidak lepas dari partisipasi masyarakat dalam menyambut berbagai produk perbankan dan layanan yang ditawarkan oleh Bank.

Sebagai bentuk komitmen Bank terhadap kegiatan-kegiatan social tersebut, Bank menyediakan anggaran yang wajar dan memadai untuk mendukung program-program CSR yang secara konsisten terus meningkat. Pelaksanaan program CSR menggunakan sumber dana yang sudah dianggarkan.

DASAR PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (BPA);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan;
3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas;
4. Perlindungan Konsumen Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia No.1/POJK.07/2013 tentang di Sektor Jasa Keuangan.

CSR TERKAIT PELESTARIAN ALAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
Sebagai bentuk pelestarian lingkungan, pada 2014, Bank Victoria telah menerapkan program paperless dengan cara mengurangi penggunaan kertas pada setiap kegiatan perbankan/pelayanan nasabah maupun operasional Bank sehari-hari. Salah satu bentuknya adalah dengan tidak melakukan fotocopy untuk memperbanyak atau mendistribusi dokumen. Kegiatan memperbanyak atau distribusi dokumen dilakukan melalui cara memindai dokumen (document scanning) kemudian hasil scan tersebut di distribusikan melalui email. Di samping itu, Bank menggunakan kertas-kertas yang masih layak pakai untuk keperluan internal.

CSR TERKAIT KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
KETENAGAKERJAAN

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan terkait dengan program ketenagakerjaan selama 2014 antara lain sebagai berikut:
1. Kesetaraan Gender dan Kesempatan Kerja
2. Pengembangan Kompetensi
3. Remunerasi Karyawan
4. Pelayanan Kesehatan
5. Program Pensiun
6. Tingkat Perpindahan (Turnover) Karyawan
7. Kegiatan Internal Karyawan

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Bank Victoria menyediakan layanan kesehatan bagi karyawan beserta keluarga inti yang menjadi tanggungannya yang diharapkan berdampak pada perbaikan produktivitas Bank. Jaminan kesehatan yang diterima seluruh karyawan berupa asuransi kesehatan untuk istri dan anak.
Terkait dengan program keselamatan kerja, Bank senantiasa melakukan kegiatan seperti dibawah ini secara berkala:
1. Simulasi kebakaran dan gempa bumi;
2. Perawatan alat pemadam kebakaran dan sprinkle (alat deteksi asap);
3. Pemeliharaan elevator (lift);
4. Penggunaan monitor komputer anti radiasi.

CSR TERKAIT PENGEMBANGAN SOSIAL KEMASYARAKATAN
Bank terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan nasional dan tumbuh bersama masyarakat dengan menerapkan standar bisnis yang bertanggung jawab secara sosial melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan. Kegiatan CSR Bank Victoria pada tahun 2014 meliputi kegiatan sebagai berikut:

Kegiatan CSR Lebaran di 2014
• Santunan kepada Yayasan Pesantren Islam Yatim Piatu Dhuafa Al-Futuwah
• Santunan kepada Yayasan Panti Asuhan Khairul Amal
• Santunan kepada Yayasan Panti Asuhan Al-Andalusia
• Santunan Kepada anak Almarhum Karyawan Bank Victoria

Kegiatan CSR Natal di 2014
Pemberian sumbangan Panti Asuhan Yayasan Mekar Lestari

Kegiatan CSR Beasiswa Bank Victoria di 2014
Pemberian Beasiswa Kepada anak Almarhum Karyawan Bank Victoria

CSR TERKAIT TANGGUNG JAWAB TERHADAP KONSUMEN
Beberapa program CSR terkait Konsumen yang dilakukan oleh Bank sepanjang tahun 2014, adalah sebagai berikut :
• Program Peningkatan Kualitas Layanan
• Program Engagement nasabah
• Jaminan Perlindugan Nasabah
• Pusat Pengaduan Nasabah (Customer Care)
• Penyelesaian Keluahan Nasabah

Copyright 2016 © Bank Victoria Internasional, Tbk.
Registered and Supervised :