Blog
February 11, 2016 by Berita

Bank Victoria dan MNC Life Jalin Kerjasama

 PT. Bank Victoria International Tbk. (Bank Victoria) menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi jiwa nasional PT. MNC Life Assurance (MNC Life) untuk menyediakan produk perlindungan asuransi kecelakaan diri bagi nasabah Bank Victoria. Seremoni peresmian kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama Bank Victoria Daniel Budirahayu dan Presiden Direktur MNC Life Rolla Bawata di Gedung MNC Financial Center, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (11/2).

“Kami sangat gembira dapat menjalin kerjasama dengan MNC Life sebagai mitra kami. Salah satunya adalah dalam penyediaan fitur tambahan bagi produk deposito Bank Victoria agar semakin bersaing di pasar. Sejalan dengan MNC Life, Bank Victoria memiliki aspirasi untuk melakukan transformasi dan terobosan dalam setiap upaya kami, termasuk dalam hal pengembangan produk-produk kami, sehingga Bank Victoria menjadi semakin relevan dan kompetitif di dunia perbankan,” ujar Daniel Budirahayu.

Pada kesempatan yang sama, Rolla Bawata menyambut baik kerjasama tersebut, yang merupakan bagian dari program MNC Life memperluas kanal bisnis bancassurance. Tahun ini pihaknya menargetkan akan menambah 10 mitra bank baru. Hingga akhir 2015 lalu, MNC Life sudah bermitra dengan 25 bank di seluruh Indonesia. “Saat ini kami bidik bank-bank di level menengah, terutama BPD di sejumlah daerah. Ini sebagai upaya kami terus melakukan penetrasi pasar, termasuk mencapai target bisnis tahun ini sebesar Rp 500 miliar,” tuturnya.

Direktur Penjualan MNC Life Akhiz Nasution menambahkan, ada beberapa bank lainnya yang sedang dalam proses penjajakan selain Bank Victoria. Menurutnya, dengan adanya kerja sama dengan bank-bank itu, pihaknya ingin menunjukkan bahwa MNC Life telah siap dengan berbagai model kerjasama di bancassurance seperti referral model, distribusi dan bundling product.  “Ini tahun inovasi. Kami ingin menginformasikan kepada masyarakat bahwa kita siap dengan berbagai bentuk jenis kerjasama bancassurance dengan produk produk unggulan kami seperti Asuransi Jiwa Kredit, traditional product dan unitlink product,” kata Akhiz.

Tumbuh

Rolla menambahkan, pihaknya meyakini kerja sama itu dapat mendukung perkembangan MNC Life. Pihaknya tidak akan berhenti melakukan inovasi dan menjalin kerjasama. Bahkan, tahun ini sudah dicanangkan sebagai tahun inovasi bagi MNC Life. Termasuk dalam upaya masuk ke ranah digital. Makanya, ia yakin, dengan langkah itu, MNC Life bisa terus bertumbuh pesat. Menurut Rolla, tiap tahunnya, kinerja MNC Life terus meningkat. Saat industri asuransi nasional tumbuh 10-20 persen, MNC Life bisa tumbuh dua kali lipat. Tahun lalu, aset juga meningkat 20 persen ketimbang 2014. Data per Desember 2015, aset MNC Life sebesar Rp 495 miliar, naik 16 persen dari tahun 2014 yang sebesar Rp 425 miliar. Tahun ini diperkirakan aset MNC Life meningkat menjadi Rp 600 miliar.

Menurut Rolla, tahun lalu merupakan tahun berat di mana kondisi perekonomian nasional yang lesu. Banyak perusahaan di Indonesia yang kolaps. Namun, MNC Life malah bisa tumbuh.

Belum lagi MNC Grup dinobatkan majalah Forbes sebagai grup perusahaan yang bisa tumbuh baik di 2015. “Ternyata walau 2015 adalah tahun yang berat, kami bisa mencapai kinerja di atas tahun 2014,” tutur dia.

Rolla mengakui, tahun ini pun kondisinya tidak lebih baik dari tahun 2015. Meski demikian, ia memperkirakan industri asuransi tetap bisa tumbuh signifikan. Apalagi hal itu sudah teruji, saat krisis industri asuransi tetap tumbuh.

Makanya ia optimis tahun 2016 ini kinerja bisnis MNC Life terus meningkat dengan pencapaian produksi mencapai Rp 500 miliar dan peningkatan jumlah agen menjadi 15.000 orang.

“Meskipun kondisi ekonomi di tahun 2016 tampaknya masih akan sama seperti tahun 2015, kami tetap yakin MNC Life dapat bertumbuh di tahun 2016 ini menjadi perusahaan asuransi jiwa yang patut diperhitungkan,” ujar Rolla.

Dijelaskan, tahun 2015 lalu, walaupun belum diaudit, pendapatan premi MNC Life diperkirakan sekitar Rp 300 miliar. Jumlah itu melampaui pencapaian tahun 2014 sebesar Rp 250 miliar.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mengatakan hal senada. Menurut dia, ketika ekonomi melemah, asuransi jiwa masih mampu bertumbuh.

“Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional terbukti tidak berpengaruh terhadap kinerja asuransi jiwa Indonesia,” ujar Hendrisman baru-baru ini.

Bahkan, setelah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN, industri asuransi jiwa bisa tumbuh sekitar 20-30 persen dalam kurun waktu lima tahun mendatang. Soalnya, kata Hendrisman, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir industri asuransi jiwa mampu tumbuh di kisaran 20-30 persen. Pertumbuhan asuransi jiwa tersebut dapat terjadi meski ada regulasi baru atau adanya perubahan terhadap kondisi perekonomian Indonesia maupun global. “Kondisi apapun yang berubah, tetap saja asuransi jiwa tumbuh. Itu yang meyakinkan kita di 2016 asuransi jiwa tumbuh 23 persen sampai dengan 29 persen,” ujarnya.

Berdasarkan riset, bancassurance mulai tumbuh sejak 2006. Pada semester I 2006, bancassurance menghasilkan premi Rp 2,3 triliun, tetapi pada tahun berikutnya sudah menembus 5 triliun rupiah atau melonjak lebih dari 100 persen. Premi tersebut terus bertumbuh dan sesuai dengan data yang dirilis AAJI per September 2015, jalur bancassurance menyumbang 36,7 persen pencapaian pendapatan premi atau sudah mendekati pencapaian dari kanal distribusi lainnya yaitu keagenan dengan kontribusi sekitar 44,5 persen.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :
Errin Magda
Head of Marketing
PT MNC Life Assurance
MNC Financial Center 18th Floor
Jl. Kebon Sirih Kav. 27-29
Jakarta 10340 Indonesia
+6221 2970 4288 ext. 56017
E-mail       : errin.magda@mnclife.com
Website    : www.mnclife.com

Marta Yuliana
Head of Marketing Communication & Segmentation
PT Bank Victoria International Tbk.
Senayan City, Panin Tower 20th Floor
Jl. Asia Afrika Lot.19
Jakarta 10270 Indonesia
(021) 72781800
Email         : marta@victoriabank.co.id
Website    : www.victoriabank.co.id

Copyright 2016 © Bank Victoria Internasional, Tbk.
Registered and Supervised :