Tanggung Jawab Sosial Bank Victoria

Meningkatkan Kesejahteraan dan Tumbuh Bersama Masyarakat

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam lembaga keuangan untuk melayani publik, diwujudkan dalam upaya melayani lingkungan sekitar, baik melalui pelestarian lingkungan hidup maupun pengembangan kualitas lingkungan social masyarakat. Komitmen Bank terkait hal ini diwujudkan melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial secara berkelanjutan, terencana dan terarah agar Bank Victoria semakin bermanfaat bagi stakeholders dan bagi pembangunan ekonomi tanah air. Komitmen tersebut, diwujudkan dalam kepatuhan terhadap peraturan yang diterbitkan oleh otoritas antara lain:

  1. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen;
  2. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan;
  3. Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas; serta
  4. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Bank Victoria menyadari peran penting dalam implementasi CSR adalah meliputi seluruh dampak dari kegiatan bisnis terhadap seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, Bank Victoria telah memiliki metode due diligent terhadap dampak sosial, ekonomi dan lingkungan dari aktivitas Bank. Mekanisme due diligent digunakan meliputi:

  1. Survei kepuasan nasabah
  2. Survei engagement pegawai
  3. Analisis efektivitas pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

Bank Victoria menyadari keberadaan pemangku kepentingan sebagai pihak yang memiliki pengaruh dan terpengaruh terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Selain itu, Bank Victoria berupaya mengidentifikasi berbagai pemangku kepentingan dan mengelompokkannya ke dalam kelompok pemangku kepentingan yakni:

  1. Pegawai,
  2. Nasabah,
  3. Penyedia barang dan jasa (Evaluasi yang objektif dalam
  4. pengadaan perlengkapan dan peralatan bank),
  5. Organisasi Bisnis,
  6. Pemerintah,
  7. Masyarakat,
  8. Media Massa, dan
  9. Organisasi Profesi.

Bank Victoria secara berkelanjutan terus melakukan pembinaan hubungan dengan pemangku kepentingan, yang meliputi internal dan eksternal Bank. Dari berbagai kegiatan interaksi dan para pemangku kepentingan, Bank Victoria merealisasikan pola hubungan dan pembinaan dengan masing-masing kelompok kepentingan sesuai dengan topik-topik yang relevan. Pola pembinaan disesuaikan dengan karakteristik masing masing pemangku kepentingan, demikian juga frekuensi dalam melakukan pembinaan.

Adapun berikut ini adalah kegiatan CSR Bank Victoria di tahun 2019 dan di tahun sebelumnya, yaitu 2018:

CSR di tahun 2019:

  1. CSR Ramadan melalui kunjungan dan santunan Panti ASuhan Al-Muhajirin Ar-Rohmaniyah

CSR di tahun 2018:

  1. Pemberian Beasiswa Pendidikan Anak Alm. Sutiardi (Eks Karyawan Bank Victoria).

  1. CSR pemberian bantuan kepada karyawan yang terkena musibah kebakaran.

  1. Pemberian Bantuan Sosial Kemasyarakatan Panti Werdha Wisma Mulia, Jakarta, 2 Maret 2018.

  1. Pemberian Bantuan Beras kepada Karyawan Bank Victoria dan Group.

  1. Pemberian Santunan Kepada Yayasan Al Anwar Pdk Aren Tangerang Selatan, Yayasan Yatim Choirul Amal Cikasungka Solear Karawaci Tangerang, dan Santunan Anak Alm. Sigit Sukoco dan Alm. Sutiardi (Eks Karyawan Bank Victoria).

  1. CSR Victoria Peduli Korban Gempa Lombok, 21 September 2018.

  1. CSR OJK dan Industri Jasa Keuangan Peduli Bencana Gempa dan Tsunami Palu Donggala 18 Oktober 2018.

  1. CSR Gereja Sidang Jamaat Allah, Mangga Dua Jakarta, 16 November 2018.

  1. CSR Yayasan Kasih Orang Tua dan Peduli Anak PNIEL, Bintaro Jakarta, 30 November 2018.


  2. CSR SD Laksa Bhakti Jembatan 5, Tambora, Jakarta Barat 20 Desember 2018.