ViBiz | Bisnis

ViBank | Personal

Close


Tanggung Jawab Sosial Bank Victoria

Meningkatkan Kesejahteraan dan Tumbuh Bersama Masyarakat

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam lembaga keuangan untuk melayani publik, diwujudkan dalam upaya melayani lingkungan sekitar, baik melalui pelestarian lingkungan hidup maupun pengembangan kualitas lingkungan social masyarakat. Komitmen Bank terkait hal ini diwujudkan melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial secara berkelanjutan, terencana dan terarah agar Bank Victoria semakin bermanfaat bagi stakeholders dan bagi pembangunan ekonomi tanah air. Komitmen tersebut, diwujudkan dalam kepatuhan terhadap peraturan yang diterbitkan oleh otoritas antara lain:

  1. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen;
  2. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan;
  3. Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas; serta
  4. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Bank Victoria menyadari peran penting dalam implementasi CSR adalah meliputi seluruh dampak dari kegiatan bisnis terhadap seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, Bank Victoria telah memiliki metode due diligent terhadap dampak sosial, ekonomi dan lingkungan dari aktivitas Bank. Mekanisme due diligent digunakan meliputi:

  1. Survei kepuasan nasabah
  2. Survei engagement pegawai
  3. Analisis efektivitas pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

Bank Victoria menyadari keberadaan pemangku kepentingan sebagai pihak yang memiliki pengaruh dan terpengaruh terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Selain itu, Bank Victoria berupaya mengidentifikasi berbagai pemangku kepentingan dan mengelompokkannya ke dalam kelompok pemangku kepentingan yakni:

  1. Pegawai,
  2. Nasabah,
  3. Penyedia barang dan jasa (Evaluasi yang objektif dalam
  4. pengadaan perlengkapan dan peralatan bank),
  5. Organisasi Bisnis,
  6. Pemerintah,
  7. Masyarakat,
  8. Media Massa, dan
  9. Organisasi Profesi.

Bank Victoria secara berkelanjutan terus melakukan pembinaan hubungan dengan pemangku kepentingan, yang meliputi internal dan eksternal Bank. Dari berbagai kegiatan interaksi dan para pemangku kepentingan, Bank Victoria merealisasikan pola hubungan dan pembinaan dengan masing-masing kelompok kepentingan sesuai dengan topik-topik yang relevan. Pola pembinaan disesuaikan dengan karakteristik masing masing pemangku kepentingan, demikian juga frekuensi dalam melakukan pembinaan.

Adapun berikut ini adalah kegiatan CSR Bank Victoria di tahun 2020 yaitu:

No. KETERANGAN  BIAYA 
1 Pemberian Bantuan CSR untuk Korban Bencana Banjir bersama Ikatan Bankir Indonesia (IBI)         5,000,000
2 Pemberian Bantuan CSR Sosial Kemasyarakatan Musibah Bencana Banjir  [Rumah Karyawan]        53,000,000
3 Pemberian Bantuan CSR Kesehatan Donor Darah Ikatan Bankir Indonesia          5,000,000
4 Pemberian Bantuan CSR Sosial Kemasyarakatan Santunan Dalam Rangka Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2020       22,285,000
5 Pemberian Bantuan CSR Sosial Kemasyarakatan Bantuan Pendidikan Kel. Eks Karyawan An. Sigit Sukoco         4,345,500
6 Pemberian Bantuan CSR Pencegahan Covid-19 - Pembelian Vitamin Untuk Karyawan Bank Victoria       121,274,280
  TOTAL 210,904,780
     

 

Informasi lebih lanjut mengenai kebijakan dan informasi lengkap lainnya mengenai CSR (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) dapat di lihat melalui unduhan berikut ini: